Kunjungan Tim Dispernas dan Tanoto Foundation ke MTsN 2 Kota Pekanbaru

PEKANBARU – MTsN 2 Pekanbaru menjadi sekolah pilihan dari Tanoto Foundation (TF) untuk pengunjungan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPERNAS) dalam perkembangan Perpustakaan di Madrasah, Senin (13/2/2023) di ruang CBT MTsN 2 Pekanbaru.

Kegiatan kunjungan ini dihadiri oleh Dendi Satria Buana sebagai Provincial Coordinator TF Riau beserta tim. Selain itu juga dihadiri Kepala Perpustakaan Provinsi Riau, Dra. Mimi Yulianti, Apt MM dengan rombongan Pustakawan Madya, Dody Prayetno dan Pustakawan pertama Riki Arianto dan Muzakir. Dalam hal ini Kepala Madrasah Fitrisma Rais, M.Pd juga mengajak Ka Perpustakaan Tabrani Rab Matsada beserta anggota, sekaligus tim Jurnalis Humas Matsada untuk menghadiri kunjungan ini.

Dalam kunjungan ini dibuka oleh Dendi Satria Buana selaku Coordinator TF Riau yang telah bekerjasama sebelumnya dengan Dispernas Provinsi Riau untuk menggiatkan Perpustakaan Sekolah yang dibawah naungan TF Riau. Dendi Satria Buana mengharapkan dengan adanya Program Pintar TF menekankan pada Literasi Numerasi agar terus membangun budaya literasi di MTsN 2 Kota Pekanbaru.

Selanjutnya Kepala Perpustakaan Provinsi Riau, Mimi Yulianti menyampaikan beberapa kegiatan yang ada di Dispernas salah satunya adalah tentang Lomba Perpustakaan Nasional yang diadakan setiap tahun dan percepatan Aplikasi Digital Library (IRIAU) yang sudah bisa diakses oleh user android dan ios dalam tahun ini. Pada Aplikasi ini sudah terdapat 1313 judul koleksi buku dan 3000 eksemplar. Beliau berharap siswa/siswi MTSN 2 bisa mengakses Aplikasi IRIAU dan bisa mengikuti Lomba Perpustakaan Digital.

Berikut Fitrisma Rais, M.Pd selaku Kepala Madrasah juga menyampaikan Program Literasi terkait perkembangan pustaka, sarana dan prasarana di Perpustakaan Tabrani Rab Matsada. Dalam paparan nya menjelaskan 7 Program Literasi yang sedang dalam proses menuju Digital Library dan mengajak rombongan Dispernas juga TF Riau melihat kondisi Perpustakaan dan buku-buku yang sedang dalam proses entry ke database.

Diakhir kunjungan ini, Tim Pustakawan Dispernas juga mengajak Tim dari Pustakawan Tabrani Rab Matsada berdiskusi terkait beberapa arahan didalam proses Digital Library sesuai dengan kategori penilaian Akreditasi Perpustakaan Sekolah. Demikian kunjungan ini nantinya bisa menjadi awal untuk kegiatan di Perpustakaan kedepannya, semoga Digital Library Matsada dapat sukses dan segera Hosting.

Jurnalis Matsada