Muhasabah yang mengharu Biru pada Peringatan Isra’Mi’raj 1440 H

Jum’at 5 April 2019 seluruh Civitas Akademika MTsN 2 Pekanbaru memperingati Isra’ dan Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW bertepatan 27 Rajab tahun 1440 H di Mushalla Al-Muhsinin MTsN 2 Pekanbaru. Acara diawali dengan shalawat dan puji2an kepada Nabi besar Muhammad SAW di mulai pukul 09.00. Hadir dalam peringatan¬† Isra’ Mi’raj tersebut Ustadz Dendy Muhammad S.PdI, S.Sy, M.Pd. sekaligus memberikan tausiyah tentang perjalanan Rasulullah menjemput amalan shalat. Beliau juga menyampaikan pesan bahwa memasuki bulan Sya’ban perbaikilah ibadah-ibadah, baik itu ibadah shalat, ibadah puasa , ahlak kepada yang lebih tua, ahlak kepada sesama teman dan ibadah lainnya untuk menyambut datangnya bulan yang mulia bulan suci Ramadhan yang tak lama lagi akan menyongsong kita.

Ustadz Dendy Muhammad S.PdI, S.Sy, M.Pd ditengah-tengah siswa MTsN 2 Pekanbaru

Mushalla yang menampung lebih kurang 400 siswa cukup mengharu biru suasana karena diakhir ceramah, ustadz Dendy memimpin muhasabah kepada seluruh siswa terutama kelas IX. Diringi dengana backsound yang mengalun syahdu ustadz membimbing siswa, betapa selama ini banyak kesalahan yang telah dilakukan dan tingkah laku siswa yang membuat kesal guru dan orang tua dirumah, betapa selama ini banyak amalan yang dikerjakan belum sempurna dan disertai canda dan senda gurau. Hingga diakhiri dengan do’a yang juga langsung dibawakan oleh ustadz.

Ibu Nofitri Elis, S.Ag memberikan nasehat kepada siswa dan siswi sebelum acara di mulai

Ustadz bersama beberapa siswa dan siswi

Suasana sedih dan penyesalan yang dirasakan siswa, menguras air mata tanpa terasa seiring kata yang terucap dari ustadz. semua yang terucap dirasa dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga membekas dihati sanubari.

Hingga acara ditutup, rasa sedih dan penyesalan masih dirasakan oleh siswa. ” Saya sangat sedih sekali, karena ingat kedua orang tua saya, yang sudah bekerja berkeringat demi saya, sungguh saya membayangkan wajah ibu dan ayah saya, bu.” tutur Rida siswi kelas VIII.1

Semoga Peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini membawa perubahan didalam diri siswa siswi MTsN 2 Pekanbaru dan menambah keimanan serta amalan ,kekusyu’an belajar dan keteguhan dalam memilih jawaban Ujian Nasional nantinya.

 

(Eshaye)