MTsN Berqurban – “Dengan Berqurban, Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa”

Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah S.W.T, maka keluarga besar MTsN Mufa melaksanakan pemotongan hewan Qurban pada hari raya qurban tahun 2014 di kampus MTsN Mufa. Pemotongan hewan qurban ini diselenggarakan pada hari Senin, 06 Oktober 2014. Adapun hewan qurban yang disembelih pada hari itu berjumlah 5 ekor, diantaranya 2 ekor sapi, satu ekor kerbau, dan 2 ekor kambing. Hewan-hewan qurban ini adalah milik para majelis guru beserta anggota keluarganya, siswa/i MTsN Mufa, dan juga masyarakat sekitar. Hal ini bertujuan agar adanya rasa kekompakan dan keakraban antara guru, siswa, keluarga, dan masyarakat sekitar.

Pada momen itu juga, siswa/i kelas IX (Sembilan) MTsN Mufa turut melaksanakan praktek penyembelihan hewan qurban untuk Mata Pelajaran Fiqih yang diampuh oleh Bpk. Darusman, S.Pd.I, M.Pd yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Madrasah. Bpk. Darusman mengatakan, untuk mempermudah proses praktek penyembelihan tersebut, maka sesuai dengan kebijakan beliau, hewan qurban diganti dengan ayam. Di mana, setiap kelas dibagi menjadi 5 atau 6 kelompok dan masing-masing kelompok mendapatkan 4 ekor ayam.

Acara tersebut mendapat tanggapan yang sangat positif dari berbagai pihak dan kalangan. Terutama Bpk. Camat Rumbai, Zulhelmi Arifin, SSTP, M.SI, yang turut hadir saat itu. Pemotongan hewan qurban dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diawali oleh beberapa kata sambutan. Diantaranya dari Bpk. Kepala Madrasah, Bpk. Ketua LPM Kelurahan Muara Fajar, Bpk. ketua komite MTsN Mufa, dan salah seorang pemuka masyarakat yang turut serta dalam pendirian MTsN Mufa. Mereka semua menyatakan bahwa keluarga besar MTsN Mufa dan masyarakat sudah sepatutnya merasa bangga, karena dari sekian banyak sekolah di daerah Muara Fajar, MTsN Mufa adalah satu-satunya Madrasah yang tidak melewatkan momen hari raya qurban ini dengan berdiam diri saja. Selanjutnya di kemudian hari, diharapkan MTsN Mufa tetap dapat melaksanakan qurban bahkan dengan jumlah hewan qurban yang lebih banyak. Dan tentunya tidak lupa pula, tetap konsisten dan komitmen untuk terus berkreasi dan menciptakan tali silaturrahim yang baik dengan siswa/i beserta masyarakat sekitar.

(Foto by: RA)

[fbalbum url=”https://www.facebook.com/media/set/?set=a.566229286841463.1073741830.122032604594469&type=3″ limit=19]