KEGIATAN MEMBACA HENING (LITERASI) MTsN 2 PEKANBARU

KEGIATAN MEMBACA HENING (LITERASI)  MTsN 2 PEKANBARU

Oleh RISNAYANTI, S.Pd

Kepala Perpustakaan MTsN 2 Pekanbaru

Jumat, 1 maret 2019, Kegiatan ini bagian dari Literasi sekolah dengan tema “ Membaca Hening “ dilaksanakan dengan seksama pada pukul 7.00 sampai 8.00 WIB disetiap hari Jumat . Pesertanya terdiri dari siswa dan siswi kelas VII, VII dan IX , Guru dan Karyawan / TU MTsN 2 Pekanbaru. Kegiatan ini sudah dimulai dari awal bulan  Januari 2019 yang merupakan  program Madrasah. Tim pelaksana kegiatan literasi ini terdiri dari Penanggung Jawab Kepala Madrasah Bpk Ghafardi, Koordinator Kegiatan Bu Marlina, Ketua Pelaksana Bu Risnayanti , Anggota Bu Eka Nadia, Nur Hasanah, Della Montia, Wahyuni, Asmira Siska dewi. Tujuan literasi ini untuk menumbuhkan rasa senang membaca, mencintai buku, dan meningkatkan minat baca siswa khususnya dan seluruh warga madrasah pada umumnya.

Kegiatan membaca hening dilaksanakan setiap Jum’at pagi selama 20 menit

Pagi pukul 06. 45 WIB  operator Madrasah mengumumkan agar siswa  dan guru serta karyawan Madrasah berkumpul dilapangan dengan membawa bahan baca dan masker. Tujuan penggunaan masker adalah agar siswa tidak ada yang berbicara ketika waktu baca dimulai. Dan suasanan benar-benar hening. Tepat pukul 7.00 WIB kegiatan literasi dimulai dengan urutan acaranya sebagai berikut pertama acara dibuka oleh Protokol buat sementara dibawakan oleh Ketua pelaksana dan anggotanya ( Guru ) sebagai percontohan rencana kedepannya akan mengaktifkan siswa dalam pembawa acara, kedua membaca hening dalam waktu 20 menit untuk semua warga madrasah, ketiga mendengarkan sinopsis buku yang dibaca siswa secara bergiliran, penutup pesan pesan baik oleh pembawa acara.

Kegiatan Pembiasaan Membaca Hening, salah satu program madrasah untuk menumbuhkan minat baca siswa dan siswi MTsN 2 Pekanbaru

Untuk pelaksanaan Jumat-Jumat berikutnya pembaca sipnosis sebanyak 2 orang mewakili kelas, diundi. Dalam hal ini peran walikelas sangat diperlukan, mulai dari buku yang di baca siswa, ketertiban duduk dilapangan hingga mewujudkan pojok baca di setiap kelas-kelas.

Program ini merupakan pelaksanaan kurikulum 2013 yang mewajibkan disetiap tingkatan pendidikan agar peserta didik dan warga madrasah mewujudkan budaya literasi untuk menghadapi perkembangan IPTEK abad 21 dan memiliki karakter yang baik diantaranya  beriman dan taqwa, berakhlak mulia,disiplin santun, bekerjasama,kreatif dan inovatif. Alhamdulillah kegiatan ini telah berjalan dengan baik, semoga kedepannya akan ada perbaikan dan kreatifitas yang membangun untuk peserta didik dan warga madrasah serta mendukung program Literasi Madrasah

 

(Eshaye)