Ka Kanwil Kemenag Prop Riau Tutup Bimtek Inovasi Pembelajaran dan Penilaian HOTS MTsN 2 Pekanbaru

Ka. Kanwil Kemenag Riau DR. H. Mahyudin, MA menjadi Narasumber sekaligus menutup Bimtek Inovasi Pembelajaran HOTS dan Penilaian HOTS yang di Taja oleh MTsN 2 Pekanbaru. Kegiatan yang berlangsung dengan lancar  dilaksanakan di Hotel Drego pada Sabtu (11/1/2020).

Bimtek Inovasi Pembelajaran dan Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) MTsN 2 Pekanbaru ini diikuti sebanyak  60 orang Guru MTsN 2 Pekanbaru dan  anggota KKM MTsN 2 serta undangan MTs Hasanah dan MTs Taufiq Walhidayah.  Sebagai Nara sumber adalah Drs, Sucipto, MA, Konsultan Pendidikan dari Dinas Pendidikan Lampung. Selama tiga  hari memberikan materi tentang Karakteristik Pembelajaran HOTS, Rancangan pembelajaran HOTS, Rancangan pelaksanaan pembelajaran iinovatif, Pengembangan pembelajaran aktif  Saintifik, STEM, STEAM dan Komputasi, Karakteristik soal HOTS, Rancangan penilaian HOTS, Tahapan penyusunan Indikator Soal, Pengembangan kisi-kisi soal HOTS dan pengembangan soal HOTS

Pelatihan dan pendampingan pembelajaran HOTS dan pembuatan Soal HOTS selama tiga hari bersama Nara sumber Drs. Sucipto, MA

Menurut Kepala MTsN 2 Pekanbaru Ghafardi, S.Ag, M.Pd.I, kegiatan Bimtek adalah kelanjutan Bimtek yang telah dilaksanakan sebelumnya yakni Bimtek Revisi K-13 dan Penilaian kemudian dilanjutkan dengan Bimtek Pembelajaran HOTS dan Penilaian HOTS . kegiatan  berlangsung selama 3 hari dari tanggal 9 Januari 2020. Kegiatan ini sebagai upaya menjawab tantangan masa depan, menambah pengetahuan yang kekinian oleh karenanya bapak/ ibu guru dalam menghadapi tantangan  bersiap diri untuk berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan masa depan yang penuh dengan perubahan, sehingga para guru harus mengupgrade pengetahuannya. Diharapkan pengetahuan yang sudah didapat ini langsung diimplementasikan dalam proses belajar mengajar.

Kepala MTsN 2 Pekanbaru turut mendampingi Bimtek Pembelajaran dan Pelatihan HOTS

Sementara itu Ka. Kanwil Kemenag Riau DR. H. Mahyudin, MA dalam penyampaiannya, mengucapkan terimakasih kepada kepala MTsN 2 Pekanbaru  yang telah menaja kegiatan peningkatan kompetensi guru ini dan diikuti 6 madrasah swasta  dibawah anggota KKM MTsN 2 Pekanbaru.  Diharapkan inovasi-inovasi ini dapat diaplikasikan di madrasah masing-masing. Dan juga ucapan terimakasih kepada nara Sumber bapak Drs. Sucipto, MA . semoga ilmu yang membawa perubahan ini dapat dilaksanakan dimadrasah.

Mahyudin juga menyampaikan tujuan Bimtek Inovasi Pembelajaran HOTS dan Penilaian HOTS ini yang pertama adalah  untuk  Meningkatkan  keterampilan guru untu pemahaman para guru terhadap konsep pendampingan K-13, kedua menyusun butir-butir soal HOTS, ketiga, Guru yang mengikuti kegiatan ini hendaknya memiliki 3 S , yakni Sudden, Speed, dan Surprise. Sudden artinya mendadak yaitu aturan yang mendadak atau tiba-tiba seperti regulasi atau informasi. Speed artinya serba cepat yaitu informasi yang serba cepat, misalnya perubahan kurikulum atau perubahan aturan yang cepat dan harus kita ikuti.  Surprise artinya mengejutkan perubahan yang terjadi mungkin tidak sesuai dengan harapan kita, tapi kita harus mengikuti.

Lebih lanjut Ka. Kanwil mengatakan Bimtek Inovasi pembelajaran HOTS tersebut bertujuan yang  pertama,  untuk meningkatkan  pemahaman Guru Madrasah tentang penyusunan soal HOTS untuk pendampingan Kurikulum 13, kedua  meningkatkan keterampilan guru Madrasah untuk menyusun butiran soal HOTS. Apabila alat test sudah memenuhi standar hasilnya pun akan dapat dipertanggungjawabkan, dan Guru juga harus mengikuti perkembangan Kurikulum yang berlaku. Diharapkan organisasi KKG menjadi wahana diskusi untuk memahami inovasi baru untuk dapat diaplikasikan di madrasah tempat tugas masing-masing

Foto bersama usai pelatihan Bimtek pembelajaran dan pelatihan HOTS

Diakhir penyampaiannya, Ka. Kanwil menutup acara dan mengucapkan “terima kasih kepada MTsN 2 Pekanbaru yang telah melaksanakan Kegiatan HOTS dengan Narasumber Bapak Sucipto sehingga ilmu yang telah diperoleh  dapat diaplikasikan kedalam tugas sebagai seorang guru, serta kedepan MTsN 2 Pekanbaru agar dapat berinovasi dengan kegiatan lainnya untuk perkembangan Madrasah yang lebih baik” tutup Mahyudin.

(Eshaye)