Jurnalistik Zaman Now, Bijak Dalam Bermedia

Bertempat Di Aula Kanwil Kementerian Agama Propinsi Riau dilaksanaka kegiatan Rapat Koordinasi INMAS dan Pelatihan Jurnalistik Tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin, 18 maret 2019 ditaja oleh Humas Kanwil Kemenag Riau. Peserta kegiatan ini berasal dari daerah Kabupaten dan Kota se- Propinsi Riau. Utusan dari MTsN 2 Pekanbaru diwakili bu oleh bu Santi HY, S.Ag (Staf Humas MTsN 2 Pekanbaru).

Salah satu peserta Rakor Inmas dan Pelatihan Jurnalistik Tahun 2019

Acara di mulai  tepat pukul 07.30 dibuka oleh Ka.Kanwil Kemenag Riau Drs. H. Mahyudin, MA.  Beliau menyampaikan kepada peserta bahwa  diera Zaman Now ini banyak pemberitaan yang diterima masyarakat tentang Kementerian Agama hanya berita Hoax bahkan negatif. Sedang berita-berita yang positif jarang terekspos. Untuk itu Ka.Kanwil mengajak peserta nantinya secara berkoordinasi mengekspos berita –berita positif yang Up to Date tentang kegiatan yang telah dilakukan di instansi masing-masing.

Pembukaan Rakor Inmas dan Pelatihan Jurnalistik Tahun 2019

Dalam kata sambutannya  Kabag Humas, Dedi Sahrul, S.Kom, M.Si menyampaikan bahwa untuk memaksimalkan peran kehumasan dalam rangka membangun citra Kementerian Agama yang bersih dan melayani, beliau juga mengharapkan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan yang nantinya  terkoordinasi dengan Humas Kanwil Kemenag Riau. Bahwa dI Inmas telah memiliki media TV diantaranya menyajikan acara  Kemenag  Menyapa, Bual-bual, Serba-serbi dan Tilik Kemenag.

Materi yang di sajiikan dalam pelatihan Jurnalistik adalah:

  1. Griven H.Putera, Collumnis Republika : Membuat artikel Makalah dan penerbitannya
  2. M.Badri, M.Si, Tokoh Praktisi dan Penulis: teknik Wawancara
  3. Inmas Kanwil Kemenag Riau: Praktek Wawancara dan penulisan berita.

Salah satu Nara sumber Dr.M Badri, M.Si tentang Teknik wawancara

 

 

 

 

(Eshaye)